Friday, July 3, 2009

Interview GAGAS' "Book of The Month"

Wawancara dengan Billy Boen
Ditulis Oleh Newsroom
Monday, 22 June 2009

> Apa definisi sukses menurut mas Billy?
Sukses adalah ketika kita berhasil mencapai apa yang kita impikan (cita-cita/long term goals) atau kita targetkan (short-term goals).

> Apa cita-cita mas Billy sewaktu kecil dan apakah cita-cita tersebut tercapai?
Saya ingin menjadi seorang profesional yang sukses, memimpin dan mengembangkan perusahaan. Saya sekarang memimpin 3 perusahaan dengan jumlah karyawan +/-500 orang. Cita-cita saya sudah tercapai,...tapi saya yakin saya masih bisa berbuat lebih. Mungkin sekarang ini cita-cita saya adalah untuk menjadi CEO terbaik di negeri ini, why not? :)

> Jika mas Billy diminta untuk memilih tiga hal yang paling penting dari semua hal tentang sikap dan sifat yang harus dimiliki—yang mas Billy tulis di buku Young on Top—mana yang akan mas Billy pilih, dan kenapa?
- Do What You Love - Chance untuk sukses akan lebih besar apabila kamu melakukan apa yang kamu cintai; tanpa disadari, semua pekerjaan tidak akan menjadi beban untuk kamu.
- Go For Extra Mile - Untuk selalu berusaha berbuat lebih dari yang diharapkan, jangan mudah puas dengan hasil yang telah kamu capai. Ketika kamu mampu melakukan hal ini, kamu akan berada di atas rata-rata kebanyakan orang.
- Keep Searching - Kamu harus terus belajar, selamanya. Ketika kamu berasa bahwa kamu sudah pintar dan berhenti belajar. Ketika itulah kamu akan segera 'dilewati' oleh orang lain.

> Hal apa yang membuat mas Billy merasa bahagia, senang, dan puas? Kenapa?
Ketika saya mampu memberikan kontribusi positif terhadap diri sendiri dan orang-orang di sekeliling saya. Dengan buku Young On Top yang saya tulis, saya tidak hanya memberikan pengaruh positif terhadap orang-orang yang saya kenal, tapi kepada orang-orang yang membeli buku saya meski saya tidak mengenal mereka. Sungguh perasaan senang yang belum pernah saya rasakan sebelumnya. Kenapa dengan mampu memberikan pengaruh positif terhadap diri sendiri dan orang lain membuat saya senang dan puas? Hidup ini bukan untuk kita nikmati sendiri, tapi untuk dibagi...kita mahkluk sosial yang memang sudah seharusnya berbagi dan saling memberikan pengaruh positif dalam kehidupan.

> Hal apa yang membuat mas Billy merasa sedih, tertekan, dan down? Kenapa?
Ketika saya melakukan suatu kesalahan. Karena setiap kesalahan akan memperlambat saya dalam menuju suatu tujuan. Tapi, saya sadar bahwa tidak seorangpun di dunia ini yang tidak pernah melakukan kesalahan, oleh karenanya setiap kesalahan yang saya lakukan selalu saya jadikan proses pembelajaran sehingga kesalahan tersebut tidak saya ulangi dikemudian hari.

> Siapa yang menjadi idola mas Billy? Kenapa?
Henry Boen, ayah saya. Dialah yang membentuk dan mengarahkan saya sejak kecil. Dia yang mengajarkan saya bagaimana menjadi seorang pemimpin (leadership), untuk selalu tepat waktu (on time), dan masih banyak lagi (yang saya tulis di Young On Top)

> Apakah idola mas Billy memiliki pengaruh besar dalam seluruh aspek kehidupan mas Billy?
Yes, ayah saya memberikan pengaruh yang sangat besar dalam seluruh aspek kehidupan saya. Cara berpikir dan bertingkah laku yang saya miliki sekarang adalah asahan dari ajaran orang tua sejak kecil.

> Apa sih hobi mas Billy di waktu senggang?
Bersosialisasi atau bahasa kerennya "hang out". Hobby saya adalah berteman. Mencari teman baru dan keep them selamanya.

> Apa yang membuat mas Billy tertarik untuk menulis buku Young on Top?
Awalnya karena teman saya di group Agro Media yang menyuruh saya menulis. Kemudian saya berpikir kenapa saya tidak berbagi hasil analisa saya akan perilaku orang-orang sukses sehingga mereka yang masih muda tidak perlu menunggu tua untuk bisa merasakan sukses. Intinya, kalau kita bisa belajar dari kesalahan dan kesuksesan orang lain, kenapa tidak?

> Apakah mas Billy hobi menulis?
Saya dulunya tidak hobi menulis. Tapi setelah menerbitkan Young On Top, saya termotivasi untuk lebih banyak berbagi, lewat menulis. Jadi Young On Top pastinya buku pertama yang saya tulis, tapi bukan buku terakhir dari saya.

> Kenapa cover Young on Top berwarna kuning? Apa ada alasan filosofis di balik itu?
Kuning selain eye-catching supaya tertangkap mata ketika di-display di rak buku di toko buku, warna ini menggambarkan sesuatu yang bright. Young On Top ditulis untuk supaya pembacanya bisa mencapai masa depan yang cerah, saya rasa kuning adalah warna yang cocok untuk ini.

> Deskripsikan diri mas Billy dengan satu kata?
FUN

Mas, ada pertanyaan titipan dari seorang mahasiswa yang mencoba sukses, namanya Arnold Malau—mahasiswa komunikasi UI:

- Apa kiat mas Billy bagi anak muda yang cenderung idealis di tengah kondisi yang justru tidak ideal?
Kita boleh menjadi seorang yang idealis, tapi kalau mau sukses, kita harus lebih flexible. Jadilah seseorang yang optimis dan realistis. Pembahasannya ada di buku Young On Top.

- Mana yang lebih penting perencanaan atau tindakan?
Dua-duanya sama pentingnya. Suatu projek tidak maksimal kalau perencanaannya tidak maksimal. Tapi perencanaan yang maksimal tidak akan menghasilkan apa-apa kalau tidak diikuti oleh tindakan yang men-support rencana tersebut. Dua-duanya harus dilakukan sejalan dan sepenuhnya untuk mencapai apa yang kita inginkan, yaitu kesuksesan/keberhasilan.

- Mas berikutnya sebuah permainan, ya. Pilih salah satu beserta alasannya, ya:
Bekerja / bermain: Bekerja (melakukan sesuatu yang kita cintai) sehingga rasanya seperti 'bermain'

Early bird / night owl: Night Owl karena inilah waktunya saya menjalin network saya, tapi bukan berarti tidur malam boleh membuat kita bangun siang!

Citra diri / materi: Citra diri karena, dengan kita memperhatikan citra diri,...materi akan datang dengan sendirinya (ralat)

Menulis / membaca: Membaca karena kita bisa belajar lebih banyak dengan membaca, tapi setelah mendapatkan ilmu yg banyak,...menulislah!

Idelais / realistis: Optimist Realistis, kita harus optimis...tapi realistis juga

Proses / hasil: Hasil. Cara mencapai tujuan boleh berbeda-beda caranya, tapi yang penting sampai ke tujuan (asalkan caranya halal)

Hitam / putih: Putih. Harus melakukan segala sesuatunya dengan integritas
Melakukan/mengamati: Melakukan. Tanpa melakukan, kita tidak akan menghasilkan apa-apa.

Buku/website: Buku. Banyak yang ditulis di website yang 'tidak bertanggungjawab'

No comments:

Post a Comment