Monday, April 25, 2011

Brand Partnership...


Dari kecil, dengan rasa penuh penasaran, saya sering mengamati berbagai macam merek. Saya
selalu ingin tahu, kenapa sepatu merek A lebih mahal dibandingkan sepatu merek B, misalnya.

Rasa penasaran itu berubah menjadi sebuah ketertarikan (interest). Hingga saya pun kuliah mengambil banyak kelas-kelas 'brand management'. Di kelas-kelas itu saya banyak belajar dari bagaimana caranyanya menciptakan merek, bagaimana membuat merek tersebut menjadi dikenal, bagaimana membuat merek itu tetap berada di atas, hingga bagaimana cara membuat merek yang sudah redup menjadi bersinar kembali. Semua itu saya pelajari dengan sungguh-sungguh.

Satu hal yang ingin saya share di sini adalah, di mana pun stage brand tersebut, jaman sekarang jamannya partnership. Dalam kerjaan kita kenal namanya 'teamwork', di bisnis kita kenal namanya 'mitra bisnis'... nah di brand, ada juga, namanya 'brand partnership'.

Young On Top (YOT) sendiri yang awalnya sebagai sebuah buku, kini telah menjadi sebuah komunitas, sebuah brand. Dalam pengembangannya sendiri, saya sangat percaya dengan ya itu tadi: 'brand partnership'. Nah, ketika mau memilih siapa yang cocok untuk menjadi brand partner untuk brand yang kita nahkodai, kita harus perhatikan beberapa hal, antara lain:
- Apakah positioningnya sama (premium / tidak)?
- Apakah sama-sama memiliki target market yang sama (laki-laki / perempuan, umur, keinginan)?
- dan sebagainya

Nah, di tahun 2011 ini, saya memutuskan untuk bermitra dengan TOP 1 Indonesia. Selain tentunya kesamaan kata 'TOP'nya, banyak kesamaan yang kami miliki. Pendiri TOP 1, William Arthur Ryan, percaya bahwa dengan pantang menyerah dan berani mengejar mimpi-mimpinya, dia akan dapat membuat TOP 1 menjadi seperti sekarang: sebagai peng-export pelumas terbesar di Pantai Barat Amerika Serikat! Ketika semua orang berpendapat bahwa hal itu ngga mungkin, sulit, susah, dan sebagainya... kalau kita percaya sama mimpi kita, kita akan bisa mewujudkan mimpi tersebut.

Ngga mungkin saya menjabarkan satu-satu persamaan yang dimiliki oleh YOT dan TOP 1. Tapi yang pasti, semoa kolaborasi ini bisa untuk jangka waktu yang lama.

See you ON TOP!
BB

4 comments:

  1. success ya buat kolaborasi nya. YOT dan TOP1 emang top markotop.

    ReplyDelete
  2. suatu tindakan baik sekali bermitra ke suatu perusahaan oli mobil terbesar di indonesia, semoga tindakan ini menjadi yang terbaik yang pernah di lakukan

    ReplyDelete
  3. kunjungan malam nich, gan.. nyambangin postingan agan yang bermanfaat banget ini. hhehe

    ReplyDelete
  4. teirma kasih banyak karena sudah berbagi berita yang sangat menarik. terima kasih banyak atas beritanya.

    ReplyDelete