Friday, December 11, 2009

YOT Campus Roadshow 2009 berakhir di Universitas Padjajaran - Jatinangor

Dear Friends,

Setelah YOT Campus Roadshow bersama Kis 95.1fm Jakarta dimulai pada bulan Puasa lalu, tepatnya tgl 5 September di Fisip Universitas Indonesia, akhirnya kemarin, tgl 10 Desember berakhir di Fakultas Manajemen Komunikasi Universitas Padjajaran-Jatinangor.

Saya akan mencoba kilas balik pengalaman yg tidak akan terlupakan ini. 1 hari sebelum datang ke Fisip UI, saya mengadakan technical meeting dengan tim dari Kis Fm di studio. Jujur kala itu kami semua masih belum tahu mesti ngapain dan siapa yang akan menjadi moderator/co-host acara ini. Ngga inget siapa yang memanggil, tiba-tiba ada cowo masuk ke ruang meeting dengan muka 'cengo' alias ngga tau apa-apa. Namanya Steve Rock. Ngeliat stylenya yang cuek dan 'anak muda banget', saya langsung tidak keberatan untuk dia yang jadi moderator/co-host untuk di Fisip UI.

Besokannya di aula Fisip UI, Steve nyamperin saya dan bilang 'your book is sick, man!' Karena belon tau dia itu seperti apa, saya sempet berpikir 'sick' itu artinya bagus atau jelek ya? Karena emang bisa diartikan 2 macam. Ternyata, yang dia maksud adalah bagus banget. Dia baru baca YOT jam 1 pagi dan dia sangat setuju dengan isi buku YOT tersebut. Dari situlah chemistry saya-Steve-YOT Campus Roadshow terbentuk.

Audience Fisip UI benar-benar memukau, dengan total attendees sekitar 160 mahasiswa/i, ruang aula benar-benar 'hidup'. Thanks to Fajar yang mengundang saya lewat FB.

YOT Campus Roadshow ke-2, kami menghampiri sekali lagi...UI tapi kali ini jurusan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom). Karena aulanya sedang direnov, kami disediakan ruangan untuk kapasitas sekitar 60 orang. Yang membuat saya excited kala itu adalah ketika tahu bahwa ternyata hari itu juga ada seminar di Fasilkom dan 2 Professor yang membawakan seminar tersebut dari almamater saya: Utah State University! Sebelum acara saya mulai, saya sempat ngobrol-ngobrol sambil bernostalgia tentang kota Logan. Hmmm, miss the place.

Oh ya, my Mom dan Dad tanpa disangka datang ke Fasilkom. Mereka datang dengan temannya yang juga Professor di UI. Kami sempat ngobrol-ngobrol sebentar sampai akhirnya saya pun harus memulai talkshownya. Ruang 'aula sementara' Fasilkom pun dipadati mahasiswa/i yang dari awal sampai habis tidak bangun dari tempat duduknya. Thanks to Penny yang sudah mengundang saya ke Fasilkom UI.

Kami kemudian mengunjungi Universitas Binus. Kali ini yang mendampingi saya adalah Deedee Coal karena Steve berhalangan. Kampus Binus emang benar-benar menakjubkan. Aulanya seperti gedung bioskop lengkap dengan lampu sorot, sound system, projector screen, pokoknya keren banget. Namun sayang, dari aula dengan kapasitas 400 orang, yang hadir hanya sekitar 120an orang. Bagaimanapun juga, saya senang koq bisa berbagi di Binus.

IBII merupakan kampus ke-4 yang kami datangi. Agak berbeda dari yang sudah-sudah, kali ini kami on air di Kis fm jam 10am. Kayanya waktu itu saya 'belum bangun banget' deh. ha ha just kidding. Yang membedakan acara ini dari YOT Campus Roadshow yang lain adalah di sesi ke-2nya dimana mereka juga mengundang PR KFC dan owner Party Organizer, seorang anak muda berumur 20tahun. Sungguh menarik ketika kedua orang ini menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan mahasiswa/i. Saya pun belajar dari jawaban-jawaban mereka.

Nah, kampus ke-5 adalah 'the legendary' IPB di Bogor. Karena dari pas technical meetingnya sudah diwanti-wanti bahwa kampusnya jauh banget, jadi saya pergi dari rumah jam 9.30am, padahal acaranya baru mulai jam 1.30. Saya pikir, "masa sih 4 jam ngga cukup?" Eh bener, ternyata 4 jam itu cukup, malah jauh dari cukup karena saya sampai sana jam 11.30am alias hanya 2 jam dari rumah ke IPB! itu juga setelah 3 kali nanya jalan dan sempat kesasar.

Ketika nunggu lama, saya ditemani oleh teman-teman mahasiswa/i di sana. Saya juga sempat ngobrol sama Mba Yuni, PAnya Anang (Anang-nya Krisdayanti). :D Anyway, senang dengar mahasiswa/i IPB dari sebelum lulus sudah punya dream, ada yang ingin punya restaurant tapi rencananya mau kerja ngumpulin duit untuk modal baru buka usahanya. Saya bilang jangan karena duit yang ditabung tidak akan pernah cukup untuk buat modal usaha. Malah nanti dia pas sudah makin tua, keberanian makin kurang dan sudah ada di comfort zone; ujung-ujungnya? Ya ngga jadi buka restaurant. So, my advise untuk cari tahu dari sekarang apa aja yang dibutuhkan selain modal (kompetitor, menu, dll) dan cari investor! Apakah itu teman-teman patungan, dll.

Ketika acara mulai, senang pas tahu ada juga ternyata orang dari luar IPB yang beli tiket untuk bisa ikutan talkshow ini. Mereka juga sangat antusias untuk bertanya. Seneng deh pokoknya, apalagi saya ditemani oleh Brenda Clay yang merupakan teman lama saya di Kis sejak tahun 2001! Steve sekali lagi berhalangan hadir untuk acara di IPB. Uuuh!

Nah di rangkaian terakhir adalah di Fakultas Manajemen Komunikasi Universitas Padjajaran-Jatinangor. Ceritanya ini agak lucu. Gini...di bulan September lalu saya berbicara di depan Perhumas Muda Indonesia. Ketika di sana saya berkenalan dengan mahasiswa/i, salah satunya adalah Shitta, mahasiswa Humas UnPad. Dialah yang kemudian menganjurkan kepada Fakultasnya untuk ngundang saya bicara di Humas UnPad. Saya setuju dan segera direncanakan untuk di bulan Desember. Eh, beberapa minggu lalu, saya dan Kis Fm dikabari bahwa aulanya sudah keburu direserved oleh Fakultas Manajemen Komunikasi.

Buat saya, fakultas mana saja sama; saya siap untuk berbagi kepada siapa yang mau mendengarkan. Jadilah akhirnya sempat tarik-menarik, dan yang akhirnya dimenangkan oleh ManKom. Jadi kemarin saya bicara di depan Manajemen Komunikasi dan saya sangat puas dengan audience yang ada.

Seperti biasa, sebelum on air, Steve 'melatih' audience...ketika Steve bilang "Be Inspired!" audience diharapkan teriak "Keep The Faith", yang memang merupakan tag line YOT dengan Kis Fm. Nah kemarin di ManKom, di latihan pertama...mereka langsung dengan antusiasnya teriak super sangat keras sekali "Keep The Faith" right after Steve bilang "Be Inspired". Wah, seneng banget rasanya. Dan benar, sepanjang talkshow, mereka sangat antusias. Ngga heran ketika dibuka sesi tanya jawab, banyak tangan yang naik ke udara!

Sesi tanya jawab yang awalnya hanya disiapkan 30 menit, akhirnya harus berkembang sampai hampir 1 jam, itupun setelah kami batasi jumlah penanyanya. Sungguh, ManKom memberikan saya dan Kis Fm sebuah motivasi untuk berbagi ke lebih banyak universitas lagi di tahun 2010!

Pada kesempatan ini saya ingin ngucapin THANKS A LOT kepada Crew Kis 95.1fm Jakarta (Jati, Andri, Steve Rock, Brenda Clay, Deedee Coal, Sarah, Fajar, Heri, Indra, Dani, dan lain-lain), juga kepada sponsor kami: Citibank dan Indosat, dan kepada Fisip UI, Fasilkom UI, Binus, IBII, IPB, dan ManKom UnPad!

Itulah 'sekilas' journal YOT Campus Roadshow 2009 saya bersama Kis 95.1fm; hope to see you all again di '100 Kampus YOT Campus Roadshow 2010'! Yes,...we dream BIG: 100 kampus!!!

Be Inspired, Keep the Faith!

See you all ON TOP!
Billy Boen

www.twitter.com/youngontop

1 comment:

  1. kunjungan pagi, sebelum berangkat ngantor.. nice post, gan. menarik minat untuk dibaca, bagus banget.

    ReplyDelete