Friday, October 30, 2009

Reach Your Maximum Potential!

Dear Friends,

All this time in my life, saya selalu 'hanya' memikirkan kepentingan diri sendiri. Dari lulus kuliah S1 dalam wkt 2thn 8bln, lulus S2 dalam wkt 1thn, semua itu saya lakukan utk bisa sukses 'lebih cepat' alias sukses ketika saya masih di usia muda. 'Colong start' istilah gampangnya.

Ketika di Nike, sebagai Asst. Product Line Mgr saya berusaha untuk "Just Perform", sampai akhirnya dalam kurun waktu 4thn saya sudah jadi Sales & Marketing Mgr dan dapat kesempatan jadi GM Oakley termuda di seluruh dunia ketika umur saya masih 26thn. Selama di Oakley pun, saya berusaha semaksimal mungkin untuk reaching my potential dgn focus hanya untuk diri sendiri. Ngga jauh beda ketika saya ditawarkan jadi Head of F&B Division MRA Group untuk membawahi Hard Rock Cafe Jakarta, Hard Rock Cafe Bali, dan Haagen Dazs dengan sedikitnya 500 karyawan. Kala itu, tetap tidak terbersit utk melakukan semua ini untuk orang lain. Focusnya masih ke diri sendiri. Sampai akhirnya,...

Saya dapat kesempatan nulis buku "Young On Top" dan dengan well preparation, saya berharap buku ini bisa diterima di masyarakat. Jujur, ngga nyangka YOT sendiri menjadi istilah 'gaul' dikalangan anak2 muda yang mau sukses, 5 kali naik cetak dan sekarang masih terpampang di barisan "Buku Laris" hampir di seluruh toko buku Gramedia.

Sejak YOT diluncurkan 7 bulan silam, saya pun mulai berpikir untuk lebih banyak berbagi. Hidup cuma sekali, kalau ngga bisa bermanfaat buat orang banyak, buat apa? Dan, saya sadar bahwa saya bukan seorang motivator. Saya ngga bisa bilang "Kamu pasti bisa! Kamu akan sukses!", karena saya percaya orang bisa sukses kalau dia mau banget untuk sukses, focus, dan punya komitment; dan orang juga banyak yang ngga bisa sukses kalau dia ngga tau mau kemana, ngga focus, dan ngga punya komitmen untuk mengejar mimpi2nya.

So, the least that i can do is 'only' to inspire orang2 supaya lebih punya keinginan untuk sukses. Bukan untuk sukses seperti Billy, tapi kalau bisa jauh dari itu! ATAU, sesuai dengan arti sukses menurut pribadi masing-masing. Jangan salah loh, bahwa banyak orang yg ngga mau punya uang banyak, tapi hidup berkecukupan, santai, memiliki keluarga yang soleh, bisa sekolahin anak2nya sampai lulus dsb. Apapun itu, arti sukses bagi setiap orang tidak ada yang salah!

Nah, balik lagi ke apa yg saya mau bilang di sini adalah, sejak saya mulai berpikir untuk orang lain, saya pun terus berpikir tentang perjalanan karir saya kedepannya. Jujur, apa yang akhirnya saya decided adalah hasil pemikiran yang saya lakukan berbulan-bulan. Saya tukar pikiran sama banyak orang, termasuk sama my own parents. Saya mau pastikan bahwa langkah saya selanjutnya akan tetap bisa meng-INSPIRE orang-orang yang selama ini sudah membaca buku saya dan merasa terinspirasi olehnya. Saya ngga mau mereka begitu melihat perjalanan karir saya selanjutnya bilang "Ah, payah! Cuma segitu aja...?" (apapun maknanya).

Now, i have decided my new journey. Saya telah bergabung menjadi CEO di PT Jakarta International Management (JIM) yg didirikan 3 tahun silam oleh Rudhy Buntaram yg juga merupakan Managing Director Optik Seis. It's an challenging job that i'm facing. Meski JIM Models sudah menjadi modeling agency terbaik di Indonesia, potential growthnya masih sangat besar. Apalagi unit-unit lainnya juga masih bisa lebih dikembangkan, sebut saja JIM Artists (artis management), JIM Photography, JIM Events (fashion event organizer), JIM Academy (modeling school), dan JIM Fashion (fashion stylist).

Selain JIM, saya juga yang akan running PT Jakarta International Consulting (JIC) bersama Rudhy. Dengan beberapa partner business yang credible, saya yakin JIC akan bisa 'berbicara lebih keras' di dunia consultancy. Tunggu aja gebrakannya. :)

Nulis buku ke-2, ke-3, ke-4 dst adalah sesuatu yg akan saya lakukan. Ngga cuma itu, lewat JIC Publishing, saya akan coba untuk menerbitkan buku-buku yang menurut saya bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Kalau running 2 perusahaan tadi masih 'kurang seru', mungkin meng-host weekly program sendiri yang perdananya di tgl 11 November 2009 dgn nama program "Young On Top" di 95.1 Kis Fm di setiap hari Rabu bisa buat saya lebih tertantang. Jelas aja, saya ngga pernah jadi penyiar sebelumnya, tau2 sekarang punya program talkshow sendiri di radio, LIVE dan setiap minggu! Mana sponsornya ngga tanggung2, Indosat, perusahaan besar. Apakah saya dag-dig-dug? Pastinya,...wish me luck okay? Terlepas dari semua itu,...

1 hal yang tidak kalah membanggakannya adalah ketika Mas Andy Noya (Host Kick Andy, Presdir Rolling Stone Indonesia) dan Bu Monika Soebari (VP Rolling Stone Indonesia) meminta saya untuk menjadi bagian dari Board of Directors of Rolling Stone Indonesia. Apa yang terlintas dipikiran saya kala itu? INTEGRITY! Yes, tidak percuma sejak saya hanya menjadi seorang Asst. Product Line Mgr di NIKE sampai detik ini, saya mampu mempertahankan diri saya untuk tetap 'putih bersih'! I have a clean and credible reputation yang membuat Mas Andy dan Bu Monika tidak ragu untuk mengajak saya bersama-sama menjadi BOD Rolling Stone Indonesia. Apa yang diajarkan oleh ayah saya dari kecil sudah bisa saya petik hasilnya di umur saya yang 'masih' 31 tahun. I thank GOD for this.

Banyak yang bilang jadi pengusaha lebih baik daripada jadi karyawan. I never agreed to that, even until now. Banyak karyawan yg lebih sukses dari pengusaha, juga sebaliknya. Apa yang saya mau sampaikan adalah untuk REACH YOUR MAXIMUM POTENTIAL! Kalau sekarang kamu adalah seorang karyawan, do your best...it'll lead you to a better journey for sure. Kalau kamu adalah seorang pengusaha, you know deep inside your heart that you can still do better, right? So do it!

I do hope apa yang sudah saya raih, apa yang sedang saya jalani, dan apa yang ada di depan saya akan selalu meng-INSPIRE teman-teman semua untuk lebih mau meraih sukses (apapun arti sukses itu menurut kamu)! Ngga ada kata telat...yang ada hanyalah pertanyaan: HAVE YOU REACHED YOUR MAXIMUM POTENTIAL? and DO YOU WANT TO REACH IT?

See you ON TOP!
BB

No comments:

Post a Comment