Thursday, September 17, 2009

Lebaran - Hari Kemenangan Bagi yg Merayakan

Dear Friends,

Saya memang bukan Muslim, tapi rasanya ingin banget menulis ttg hari spesial bagi Umat Islam, Lebaran; yg merupakan Hari Kemenangan. Bagi saya, apa arti Lebaran? Well, meningatkan bahwa kita hidup di dunia ini tidak sendirian. Kita pun berasal dari latar belakang yg berbeda, kepercayaan agama yg ada di dunia ini pun beraneka ragam. Masih ingat chapter 'Open Minded' dan 'Respect' yg saya tulis di buku Young On Top? Bahwa, tidak ada hal yang absolut di dunia ini, segala sesuatunya bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Begitu juga halnya dengan agama...oleh sebab itu, open minded-lah dan respect-lah terhadap org yg berkeyakinan berbeda dengan kita.

Di Indonesia ada 5 agama yg diakui: Islam (majority), Kristen, Katolik, Buddha, dan Hindu. Mana diantara kelima agama ini yang terbaik? Menurut saya pribadi, semua agama diciptakan untuk kebaikan. Saya yakin tidak ada satupun agama yg dibuat untuk kejahatan. Yang jahat atau yang mengintrepertasikan secara salah adalah oknum-oknumnya (tidak semua). Jadi untuk kita bilang bahwa agama A or agama B adalah demikian hanya berdasarkan atas perilaku segelintir penganutnya adalah keliru.

Ilustrasi gampangnya,...pemain basket rata2 tinggi badannya. Lalu, apakah lantas kita bisa bilang bahwa orang yg badannya tinggi jago maen basket? Atau...model rata-rata ganteng dan cantik, lalu apakah semua orang ganteng dan cantik adalah model? Belum tentu! This is what you called being prejudice alias mencap sesuatu berdasarkan hanya segelintir contoh. Sikap ini harus kita hilangkan dari pemikiran kita karena tidak benar.

Balik lagi ke arti Lebaran,...saat inilah kita harusnya menjalankan apa yang kita kenal dgn istilah toleransi beragama. Pasti kita semua sering banget denger ini pas sekolah dulu kan? It's time to put in action! Buat sesama Muslim, pasti saat inilah yg paling pas untuk saling memohon maaf lahir dan batin, tapi untuk kita yg bukan Muslim,...inilah juga saatnya untuk kita mengucapkan SELAMAT LEBARAN, mohon maaf lahir dan batin kepada saudara-saudara kita yg merayakan!

When we all come back from holiday, set yourself untuk raih cita-citamu! I do hope to see you all ON TOP!

GBU All,
BB

No comments:

Post a Comment