Wednesday, September 30, 2009

YOT Campus Roadshow @ Fasilkom UI











Hmm, apakah seharusnya roadshow ini saya ganti aja namanya jadi YOT Universitas Indonesia Roadshow? ha ha, just kidding. Setelah awal bulan YOT bersama 95.1 Kis Fm datang ke Fisip UI, tgl 29 Sept kemarin kami hadir lagi ke Fasilkom UI, yang kebetulan tetangga sebelahnya Fisip UI.
Kedatangan saya kemarin ke sana dimasukkan ke dalam rangkaian seminar 1 harinya Fasilkom. Di paginya, yang berbagi adalah Kurt Becker PhD dan Oenardi Lawanto, PhD yg keduanya adalah pengajar di Utah State University (USU), my alamamater! What a coincidence...! Saya sempat bernostalgia ketika berbincang dgn mereka, tentang kota Logan dimana USU ber-home based.

Senang sekali ketika waktunya makan siang, saya diajak menikmati hidangan bersama Dean Fasilkom UI, Prof. Basaruddin, PhD, Wakil Dean Ibu Mirna, PhD, beserta crew dari Fasilkom UI. Saya juga senang sekali karena kemarin saya datang dengan Mr. Rudhy Buntaram (owner of Optik Seis) yg ketika saya minta untuk ikut berbagi di sesi tanya jawab di Fasilkom, dia bersedia. Selain mereka yg sudah saya sebutkan, yg menggembirakan juga adalah ketika Mr. Ivan (Station Manager Kis Fm) beserta timnya juga datang memberikan dukungan atas YOT Campus Roadshow ini.

Sebelum acara dimulai, Pak Yugo dan Penny nge-jam! Luar biasa memang keduanya...bermodalkan sebuah keyboard, Pak Yugo yg merupakan Sekertaris Fasilkom memainkan berbagai lagu dengan alunan nada jazz. Sementara Penny, PR Fasilkom, juga dengan hebatnya memukau audience yang sudah ada dgn suara merdunya. Ternyata,...Penny adalah seorang guru vokal. Pantesan aja...

Acarapun dimulai pukul 13.30. Seru banget acaranya. Yang dibahas kemarin adalah Integritas-Confidence-Make a lot of Friends-Creativity-Just Perform.

Di sesi pertama ini, yang disiarkan secara langsung oleh 95.1 Kis Fm, saya coba berbagi bagaimana saya menyikapi tindakan-tindakan korupsi yang marak di dunia kerja saat ini. Isu yang masih sampai saat ini masih santer menjadi masalah kita semua, bukan hanya di dunia pendidikan, dunia kerja, tapi juga di pemerintahan. That's why ada yg namanya KPK kan? Saya coba yakinkan mahasiswa/i Fasilkom dan Ladies & Gentlemen pendengar Kis Fm bahwa sogokan/'uang terima kasih' yg diberikan ke kita harus bisa kita tolak, demi nama dan reputasi. Kita bisa koq sukses tanpa harus menerima hal-hal tsb. Apakah kita mau 'berhutang budi' terhadap orang lain karena kita menerima 'uang terima kasih' itu? Selain tolak korupsi, saya juga ingatkan untuk menghindari yang namanya bergosip.

Saya juga coba terangkan pentingnya untuk 'menciptakan opportunities'. Salah satu cara paling gampangnya ya dengan berteman sebanyak2nya, dengan tulus; practice ini akan membantu peningkatan 'pede'. Juga untuk 'never be satisfied' karena inilah awal pemikiran yg harus dimiliki orang untuk menjadi seseorang yg lebih kreatif. Dan yg terakhir, adalah ketika kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk terus 'Just Perform'.

Di sesi ke-2, Mr. Rudhy Buntaram saya perkenalkan dan ikut untuk menjadi narasumber talkshow kemarin. Langsung banyak yg mengangkat tangan untuk bertanya, jadi Steve Rock sang moderator langsung berinisiatif untuk membaginya beberapa sesi yg masing-masing dibatasi hanya 3 pertanyaan. Pertanyaan2 yg dilontarkan antara lain:

- Kutu loncat bagus ngga?
- Short cut untuk sukses itu apa?
- Apa pengalaman terburuk soal integritas yg saya pernah lalui?
- Bagaimana menciptakan teamwork yg baik?
- Bagaimana menghadapi yg 'tua2'?
- Apakah harus fokus atau lebih baik explore opportunities dan multitasking?
- dll

Sungguh another pengalaman berharga yg saya dapatkan kemarin. Thanks to Penny yg sudah mengundang saya ke Fasilkom UI. Semoga apa yg saya share menginspirasi teman-teman di sana untuk bisa menjadi Bill Gates, Steve Jobs, Larry Page, dan Sergey Brin-nya Indonesia! Amin!

See you on the next YOT Campus Roadshow. I think...Binus and Bakrie School of Management, see you both in October!
Thanks to 95.1 Kis Fm & Citibank who make this roadshow a reality!
BB

No comments:

Post a Comment